6 Tips Agar Pisang kepok Tidak Terlalu Cepat Matang

 

agar pisang kepok tidak cepat matang

Pisang kepok adalah salah satu buah yang sering tersedia di rumah. Rasanya manis dan legit. Tak heran jika banyak orang yang menyukainya. Apalagi buah pisang kepok ini bukan buah musiman sehingga bisa ditemukan dengan mudah setiap saat. Buah pisang kepok kini juga banyak diolah menjadi aneka makanan kekinian yang sangat lezat dan menggiurkan.

Bukan rahasia lagi, pisang kepok yang sudah terlalu matang akan lebih cepat membusuk. Kulitnya mulai berbintik cokelat dan daging buahnya berubah kecokelatan serta lembek. Kalau sudah begitu, tidak ada anggota keluarga yang mau makan. Alhasil, pisang kepok terpaksa harus dibuang sia-sia.

Anda pasti tidak mau kan, mengalami kejadian serupa? Untuk mencegah pisang kepok terlalu cepat matang, ResepKoki punya beberapa tips yang dijamin ampuh menjaga kesegaran pisang kepok anda.

1. Hindari menyimpan pisang kepok di lemari es

Selama ini, anda mungkin mengira jika buah-buahan harus disimpan di lemari es agar lebih awet. Tapi ternyata hal tersebut tidak berlaku untuk beberapa jenis buah, salah satunya adalah pisang kepok. Sebaiknya, anda menghindari menyimpan pisang kepok di lemari es, karena lemari es memiliki suhu yang dingin, sementara buah pisang kepok akan cepat rusak jika disimpan di dalam kulkas.

2. Jauhkan pisang kepok dari sinar matahari langsung

Buah pisang kepok memang tidak boleh disimpan di suhu dingin, tapi bukan berarti anda bisa menyimpannya di suhu panas. Agar buah pisang kepok anda tidak cepat busuk, hindari menyimpan pisang kepok di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Cukup simpan pisang kepok di suhu ruang saja agar lebih tahan lama.

3. Perhatikan sirkulasi udara pada pisang kepok

Setelah anda membeli pisang kepok, pastikan anda segera mengeluarkan pisang kepok tersebut dari plastik pembungkusnya agar pisang kepok mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Membiarkan pisang kepok tetap berada dalam plastik hanya akan membuat pisang kepok cepat matang karena gas etilen dalam pisang kepok akan keluar lebih banyak.

4. Bungkus ujung tangkai pisang kepok

Cara lain yang bisa anda coba untuk menghindari pisang kepok terlalu cepat matang adalah dengan membungkus ujung tangkainya. Hal tersebut bisa mencegah keluarnya gas etilen dalam pisang kepok yang bisa membuat pisang kepok lebih cepat matang, bahkan membusuk. Anda bisa membungkus ujung tangkai pisang kepok ini dengan plastik biasa, plastik wrap atau alumunium foil.

5. Hindari menyimpan pisang kepok berdekatan dengan buah tertentu

Mungkin di antara anda masih ada yang belum tahu jika beberapa jenis buah-buahan tidak bisa disimpan berdampingan. Nah, salah satunya adalah buah pisang kepok. Sebaiknya, hindari menyimpan pisang kepok bersama apel, jeruk, pir, mangga, semangka, dan nanas, karena semua buah tersebut sama-sama mengeluarkan gas etilen. Jika gas etilen tersebut keluar semakin banyak, otomatis pisang kepok anda pun akan matang lebih cepat lagi.

6. Gantung buah pisang kepok

Jika selama ini anda terbiasa menyimpan pisang kepok di wadah, sebaiknya ganti kebiasaan tersebut. Gantungkan pisang kepok tersebut di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Itu dia tips mencegah pisang kepok terlalu cepat matang, yang bisa anda praktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Itu tadi tips agar pisang kepok tidak cepat matang. Bagi Anda yang ingin membeli pisang kepok dengan kualitas terbaik dan segar dapat membelinya di TaniHub.

TaniHub merupakan tempat belanja sayur dan buah online terbaik saat ini. Produk yang dijual pun sangat beragam, selain pisang kepok, di TaniHub juga menjual buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako.

Belanja di platform ini pun terbilang sangat mudah, cukup akses websitenya di https://TaniHub.com  atau download aplikasinya di Play Store dan AppStore. Pesan produk yang Anda inginkan, bayar dan tinggal tunggu #dirumahaja, kurir TaniHub akan langsung mengantarkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang kepok untuk Kesehatan

Cara Berinvestasi yang Tepat dan Efektif Bagi Pemula